Panduan Lengkap Cara Instal Windows 10 Dan Gambarnya

Malam Sahabat Teknisi Amatiran jumpa lagi sama saya selaku admin teknis Amatiran yang selalu uptodate tentang berbagai artikel mengenai seputar komputer dan berbagai macam tentang dunia internet yang mungkin suatu saat bermanfaat untuk kita semua.kali ini saya akan membagikan artikel Panduan Lengkap Cara Instal Windows 10 Dan Gambarnya yang sudah saya rangkum dari berbagai sumber terpercaya,berikut penjelasanya :

Langkah Pertama
Siapkan media instalasi yang sudah terpasang Windows 10, semua langkahnya sama yang membedakannya adalah media instalasi baik yang dalam bentuk kepingan CD/DVD maupun Flashdisk.
Sebelum nyalakan komputer hubungkan media intalasi terlebih dahulu setelah itu barulah nyalakan komputer sambil menekan tombol delete atau F2 (tergantung dari merek komputer) agar bisa masuk ke menu BIOS.


Langkah Kedua
Setelah berhasil masuk ke menu BIOS langkah selanjutnya adalah mengatur urutan saat awal booting komputer dengan mengubah media instalasi sebagai urutan yang pertama dgn cara masuk ke :

"Menu BIOS > Boot Menu > rubah urutan menu boot dengan cara menekan tombol F5 untuk keatas, F6 untuk kebawah pada keyboard".

bisa dilihat urutannya kira - kira seperti gambar dibawah ini.


Langkah Ketiga

Setelah selesai menempatkan posisi Media Instalasi diposisi teratas dan langkah selanjutnya adalah dengan menekan tombol F10 pada keyboard untuk menyimpan pengaturan yang sudah diatur maka otomatis komputer dengan sendirinya akan restart ulang.

Langkah Keempat
Saat pertama kali booting pada pojok bagian kiri akan muncul pesan 'Press Any Key Boot From CD or DVD', nah jika muncul pesan seperti itu anda harus menekan sembarang tombol pada keyboard, namun perlu diingat untuk proses selanjutnya dan seterusnya anda jangan menekan sembarang tombol lagi karena anda akan dibawa kembali keproses awal instalasi jika melakukannya.

Langkah Kelima
Selanjutnya kita dihadapkan pada tampilan baru, nah lansung saja klik Next dan setelah itu lansung klik Instal Now.



Langkah Keenam
Tampilan selanjutnya adalah kita akan memilih versi Windows, mulai dari yang Pro 32 bit atau pro 64 bit, saya memilih 64 bit karena Ram saya sebesar 2 GB ddr2 dan Processornya 2.4 Gigahz.


Langkah Ketujuh
Tampilan selanjutnya adalah anda harus klik tanda centang untuk menyutujui kesepakatan dengan sang developer kemudian klik next.


Langkah Kedelapan
Tampilan selanjutnya anda akan dihadapkan pada dua menu pilihan, pilih saja menu yang kedua yakni Custom : instal windows only (advanced).


Langkah Kesembilan
Tampilan selanjutnya adalah kita akan memasuki pada tahap pembagian partisi. Dipembagian partisi kali ini perlu hati-hati karena jika salah maka seluruh data penting kita akan terhapus, nah jangan kuatir..

Karena disini kita membahas bagaimana caranya memperbaharui sistem, maka yang anda harus lakukan adalah dengan memformat Local Disk C primary (partition 2) saja, lalu klik satu kali lagi Partition 2 yang telah diformat lalu klik Next.


Langkah Kesepuluh

Tampilan selanjutnya adalah kita akan menunggu proses salinan data dari media instalasi kedalam komputer hingga selesai, jika telah selesai maka komputer akan restart otomatis.


Langkah Kesebelas

Tampilan selanjutnya adalah menunggu proses booting windows baru hingga selesai, perlu diingatkan jangan menekan tombol sembarang lagi ketika muncul 'Press Any Key Boot From CD or DVD' pada bagian kedua dan selanjutnya.

Langkah Keduabelas

Tampilan selanjutnya adalah anda akan memasuki menu get going fast, klik saja menu use express settings paling pojok bagian bawah.


Langkah Ketigabelas
Anda akan memasuki booting windows yang ketiga.


Langkah Keempatbelas

Tampilan selanjutnya adalah anda akan dihadapkan pada menu Who Own this PC? terdapat dua menu, pilih saja menu yang kedua yakni menu i own it kemudian klik next.


Langkah Kelimabelas
Tampilan selanjutnya adalah menu untuk login dan memasukan akun microsoft jika tak punya akun microsoft, bisa diskip dengan mengklik kalimat skip this step.


Langkah Keenambelas
Tampilan selanjutnya adalah anda diwajibkan untuk memasukan nama PC kalian contoh nama saya saja 'ERWIN PC' kemudian klik next.


Langkah Ketujuhbelas

Tampilan selanjutnya anda akan dihadapkan pada menu booting yang terakhir untuk tahap finishing, jangan coba-coba untuk mematikan komputer anda, pastikan jika kalian pengguna laptop, usahakan laptop selalu tetap terhubung dengan arus listrik.



Done!

Semoga kalian berhasil.

Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Instal Windows 10 Dan Gambarnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel