Cara Membuat Peminjaman Buku Di Excel Belajar Excel

Cara Membuat Peminjaman Buku Di Excel Belajar Excel
Berikut Cara Membuat Peminjaman Buku Di Excel Belajar Excel
1. Jenis Buku di isi dengan ;
Untuk jenis buku Komputer, maka Kode Buku = KOM
Untuk jenis buku Majalah, maka Kode Buku = MJL
Untuk jenis buku Agama, maka Kode Buku = AGA
Untuk jenis buku Novel, maka Kode Buku = NOV
Untuk jenis buku Ilmiah, maka Kode Buku = ILM

2. Biaya Pinjam per Hari ;
Jika Kode buku KOM, maka di isi dengan Rp 750
Jika Kode buku MJL, maka di isi dengan Rp 500
Jika Kode buku AGA, maka di isi dengan Rp 600
Jika Kode buku NOV, maka di isi dengan Rp 450
Jika Kode buku ILM, maka di isi dengan Rp 700

3. Ketentuan Terlambat
Batas peminjaman adalah 7hari, jadi jika lebih dari 7 hari akan mendapatkan denda sebesar Rp 300 (belum termasuk biaya hitung sewa buku perharinya).

4. Jumlah Biaya didapat dari biaya pinjam/hari x lama pinjam, dan di tambah denda.

Adapun untuk lebih jelasnya rekan bisa melihat range data sebelum di isi


Rumus yang digunakan adalah MULTIIF, Perkalian, dan SUM seperti yang terlihat dibawah ini
Pada bagian Jenis Buku =IF(C6="AGA";"Agama";IF(C6="KOM";"Komputer";IF(C6="MJL";"Majalah";IF(C6="ILM";"Ilmiah";IF(C6="NOV";"Novel")))))

Biaya/Hari
=IF(C6="AGA";600;IF(C6="KOM";750;IF(C6="MJL";500;IF(C6="ILM";700;IF(C6="NOV";450)))))

Keterlambatan
=IF(E6>7;E6-7;0)

Denda
=300*G6

Jumlah Biaya
=E6*F6+H6

Total Pendapatan
=SUM(I6:I15)

Maka hasil jadinya, seperti gambar berikut ini ini


Untuk rumus masing-masing sel no 2 kebawah, rekan tinggal mencopy rumusnya dari no 1 dengan cara blok hingga muncul tanda plus (+) dan tarik bawah.

    Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Peminjaman Buku Di Excel Belajar Excel"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel